Saturday, February 27, 2016

Telinga Berdengung. Bisa Jadi Gejala Penyakit

Tags

Pagi tadi, tepat sesaat setelah saya bangun tiba tiba telinga kiri saya berdengung. Entah apa yang terjadi, mungkin mebicarakan saya pagi-pagi begini ( hehe, tak mungkin ), atau kemasukan sesuatu,. Alasan yang paling logis dan diterima akal hanyalah kemasukan sesuatu entah serangga atau apapun itu. Maka saya coba untuk membersihkannya, Namun 2 jam berselang dengung itu tak kunjung hilang, saya pun mulai khawatir, saya fikir saya terkena penyakit aneh yang membahayakan. Akhirnya setelah bolak balik buku, habisin sedikit data kuota ternyata kejadian saya pagi ini mereka sebut dengan tinnitus.
Katanya Tinnitus adalah suatu kondisi dimana telinga berdengan secara kontinu. Pada dasarnya kondisi ini bukanlah sutu penyakit tetapi melainkan gejala dari penyakit tertentu. Misalkan saja

1.Luka pada bagain dalam telinga.

2.Masalah pada system sirkulasi tubuh

3.Akibat bertambahnya usia.

Namun perlu untuk diketahui bahwwa kondisi ini dapat terjadi pada siapapun, baik anak balita hinga orang lanjut usia.
Adapun gejala tinnitus ini dapat berupa suara dengungan ataupun desissan disalah satu ataupun di kedia telinga. Biasanya suara ini hanya bisa didengar oleh penderita, namun pada kasus tertentu suara ini dapat didengar orang lain seerti dokter ketika memeriksa.
Satu kabar baik dari kondisi ini adalah ternyata kondisi bukanlah hal yang berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi bagi anda yang merasa teganggu tidak ada salahnya memeriksakan kondis telinga anda ke dokter THT.
Namun bagi anda yang malas ke dokter maka anda dapat mengikuti cara-cara nerikut dirumah untuk mengatasi telinga anda.

1. Perbanyak Konsumsi Buah.
Buah diketahui dapat memperlancar sirkulasi darah. Sehingga ketika sirkulasi ketelinga lancer maka kemungkinan tinnitus akan berkurang. Selain itu bagi anda penggemar buah pisang, maka anda sangat beruntung, karena menurut penlitia biah pisang dapat membantu membersihkan telinga.

2. Sari Cuka Apel.
Cuka apael adalah bahan anti inflamasi yang sangat baik untuk mengobati tinnitus. Selain itu menkonsumsi cuka apel dapat membantu meredakan infeksi yang kemungkinan terjadi pada telinga.

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meredakan tinnitus, namun jika gejala masih tersa dalam kelang waktu satu minggu sebaiknya anda pergi kedokter THT, ( karena siapa tahu kita bertemu disana , hahaha )


EmoticonEmoticon