Sunday, February 28, 2016

Lakukan Hal Ini Untuk Cek Kesehatan Di rumah





Jika kita selalu diberikan kesempatan untuk memilih setiap saat, maka tentu kesehatan adalah hal yang paling utuma kita pilih. Karena denga kesehatan kita dapat melakukan berbagai hal bersam orang orang yang kita sayangi. Namun tentu hal itu mustahil, karena penyakit siapa yang tahu akan datang, yang bisa kita lakukan adalah mencegah dan mencegahnya. Sebagai mana orang selalu mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Untuk mencegah berbagai penyakit tentu kita harus sering memeriksa kondisi tubuh. Baik itu tekanan darah, kadar kolesterol dan lain sebagainya. Tentu hal ini jika dilakukan dirumah sakit akan memerlukan biaya. Bagi orang yang berkecukupan tentu hal tersebut bukanlah masalah besar. Namun bagaimana dengan orang yang setiap harinya selalu disibukan bekerja ntuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tentu hal tersebut akan menjadi beban dan mengahabiskan waktu.
Bahkan menurut penelitian banyak masyarakat yang terkena suatu penyakit yang sangat kronis. Padahal seharusnya dapat diobati jika disadari lebih awal. Berdasarkan hal tersebut maka menyadari kondisi tubuh adalah hal yang paling penting dalam hidup ini.
Oleh karena itu maka pada hari ini saya akan membagikan beberapa cara memeriksa kondisi tubuh anda dimanapun anda berada, baik itu dirumah atau bahkan dikantor.


1. Tes Denyut Jantung.

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk memompakan darah keseluruh tubuh. Setiap kali ia bekerja maka jantuk akan berdenyut, dan denyut jantung ini dapat dijadikan sebagai indicator untuk kondisi kesehatan anda.
Cara mengukur denyut jantung dapat dengan menggunakan jari anda. Letakkan jari anda pada urat nadi dipergelangan tangan anda. Kemudian hitung jumlah detaknya selama satu menit. Pada kondisi Normal jantung akan berdenyut sebanyaak 60 sampai dengan 85 kali permenit.
Jika hasil yang anda peroleh berkisar angka diatas maka jantung anda dalam keadaan sehat, namun jika hasil yang diperoleh abnormal ( lebih banyak atau lebih sedikit ) maka kemungkinan jantung anda sedang bermasalah.

2. Tes Kadar Zat Besi.

Zat besi berfungsi untuk memabntu memberbanyak sel darah merah. Jika tubuh kekrurang zat besi maka akan berdampak pada jumlah sel darah merah dalam tubuh. Kekurangan sel dara merah ( Anemia ) berakibat tidak lancarnya distribusi oksigen keselurunh sel sel tubuh. Akibatnya tbuh akan semakin mudah lelah dan kulit akan terlihat pucat.
Untuk mengetahut kadar zat besi dalam tubuh anda dapat dengan melihat warna pada kulit pada lipatan telapak tangan anda apakah pucat kekuningan atau tidak. Jika iya berariii anda perlu mengkonsumsi makanan penyuplai zat besi.

3. Mengukur Berat Badan.

Berat badan seharusnya proposian dengan tinggi badan anda. Berat badan yang berlebih akan mempercepat anda menuju obesitas. Sealin itu berat badan berlebih juga akan membuat anda lebih mudah terserang penyakit seperti diabetes, darah tinggi dan yang lainya.
Untuk mengukur apakah berat badan anda proporsiona dapat mengikuti rumus berikut :
Berar Badan Ideal = 22.5 x Tinggi badan ( meter ) x Tinggi Badan ( meter ).
Misalkan seseorang denga tinggi badan 162 cmm maka berat badan idealnya adalah 22.5 x 1.62 x 1.62 = 59 kg.

4. Mengukur Lingkar Pinggan.

Meskipun anda merasa berat anda proporsional, namun anda juga harus mengukur lingkar pinggang anda. Karena berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa orang dengan lingkar pinggang berlebih ( perut buncit ) akan lebih beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2, stroke dan serangan jantung.
Untuk mengetahui apakah lingkar pinggang anda proporsioanal ata tidak anda dapat mengukutnya dengan pita meter. Untuk wanita maka lingkar pinggang anda harus lebih kecil sama dengan 82 cm sedangkan untuk pria 94 cm.

Sekian cara yang dapat kita lakukan untuk mengecek kesehatan dirumah, mari hidup sehat untuk masa depan yang lebih cerah


EmoticonEmoticon