Friday, January 29, 2016

Berapakah Kebutuhan Vitamin C Anda ? 1000, 500 atau ???

Menurut Wikipedia.com Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Vitamin C juga merupakan zat yang sangat diperlukan tubuh untuh membantu menjalankan berbagai fungsinya. sepertin misalnya vitamin C dapat membantu memperbaiki sel yang rusak, vitamin C juga dapat membantu proses pembentukan kolagen dan vitamin C juga dapat brsifat sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh,  anda dapat memperolehnya dari berbagai macam buah dan sayuran. Bahkan bagi anda yang hidup pada zaman ini kebutuhan akan vitamin C tidak perlu dikhawatirkan lagi. Karena banyak produsen obat dan minuman yang
memproduksi produknya dengan kadar vitamin C nya yang tinggi. salah satunya mungkin sudah familiar dengan anda. Minuman Vitamin C 1000 mg dengan para Miss Universe sembagai modelnya.
Mungkin anda pernah mendengar bahwa mengkonsumsi vitamin C dengan kadar yang tinggi akan membantu anda terhindar dari penyakit flu.
Namun tahukah anda berapa sebenarnya kebutuhan vitamin C manusia setiap harinya.? Apakah 2000 mg? atau 1000 mg seperti yang diiklankan? atau 250 mg saja cukup.
Menurut Linus Pauling yang merupakan seorang ilmuan pemenang Nobel, meragukan pendapat yang menyatakan vitamin C dosis tinggi dapat mencegah flu. Beliau mengemukakan bahwa penggunaan vitamin C yang berasal dari makanan adalah yang terbaik. Kebutuhan tubuh akan vitamin C adalah 2000 mg per hari, namun 250 gram vitamin C pertama adalah yang amat sangat penting dibandingkan dengan 250 gram vitamin C selanjutnya. Maksudnya adalah efek mengkonsumsi vitamin C sebanyak 250 mg per hari tidaklah berbeda jauh jika Anda mengkonsumsi hingga 1000 mg vitamin C tiap harinya.  Beliau mengatakan bahwa 400 mg vitamin C dalam sehari adalah dosis terbaik.
Jika Linus Pauling mengatakan bahwa kebutuhan vitamin C tubuh seharinya 400 mg, maka yang menjadi pertanyaan mngapa banyak produsen mengemas produknya dengan kadar vitamin C yang tinggi, Apa mungkin Vitamin C mereka dapat disimpat didalam tubuh untuk digunakan berikutnya jika tubuh kekurangan vitamin C. ?
Kalau saja itu alasanya mungkin saya akan tertawa. Karena didasarkan sifat vitamin C yang mudah larut di didalam air, tentunya vitamin C yang tersisa akan larut dan akan terbuang bersamaan dengan sistem ekskresi tubuh. 
Namun perlu juga untuk diketahui bahwa kebutuhan vitamin C tubuh juga digolongkan nerdasarkan usia. menurut Angka Kecukupan Gizi ( AKG )
  • Dewasa: 90 mg/hari
  • Bayi 0-6 bulan: 40 mg/hari
  • Anak 7-23 bulan: 40 mg/hari
  • Anak 2-5 tahun: 45 mg/hari
  • Ibu hamil: 90 mg/hari
  • Ibu menyusui: 100 mg/hari



EmoticonEmoticon