Friday, October 23, 2015

Begadang ( 5 Tips Begadang Sehat )


Hari sudaah sangat larut, mungkin jika sebentar lagi saja kita menunggu maka ayam jantan sebelah rumah itu sudah berkokok. Ingin sebenarnya untuk segera pergi meninggalkan kesibukan ini dan segera tertidur. Namun, apa yang bisa diperbuat pekerjaan yang menumpuk, serta deadline yang semakin dekan memaksa kita untuk harus tetap terbangun malam ini.
Begadang, kata orang itulah istilah yang tepat untuk menyebutkan kondisi diatas. Suatu kondisi yang sebenarnya tak tak diinginkan banyak orang. Namun, banyaknya tugas dan pekerjaan membuat hampir semua orang harus menjalaninya.
Namun, begadang tidak selalu harus diidentikan dengan pekerjaan yang menumpuk. Contohnya para pengemar sepak bola itu. Dengan senang hati mereka menahan mata untuk tidak tertidur hanya untuk melihat club kesayangan bertanding. Tak peduli itu hasilnya menang atau kalah.
Akan tetapi, dari semua hal yang terpenting adalah kesehatan. Meskipun dikatakan begadang adalah untuk hal yang sangat penting maka kesehatan juga harus tetap dijaga. Akan sangat sedih rasanya jika pekerjaan selesai namun sakit ditanggung badan.
Nah, untuk itu berikut saya bagika untuk kawan beberapa tips sehat saat begadang:
1. Konsumsi Vitamin C.
Terlalu sering begadang tentu membuat tubuh sangat rentan terkena penyakit. Maka, konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan sangat diperlukan oleh tubuhu. Salah satu nutrisi yang dapat dibutuhkan sebagai anti oksidan adalah vitamin C. Banyak makan yang bisa dikonsumsi sebagai sumber vitamin C seperti : Jeruk, mangga, jeruk, pepaya, stroberi, brokoli.
2. Banyak Minum Air Putih.
Air putih sangat penting untuk tubuh. Selain bagus untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, air putih juga bagus untuk mencuci ginjal.
3. Jangan Biarkan Perut Kosong.
Saat kawan sedang begadang sebaiknya jangan biarkan perut dalam kondisi kosong. Karena ketika perut kosong akan mudah membuat anda masuk angina. Sehingga sebaiknya makan makanan ringan sekedar untuk mengisi perut. Tapi perlu diingat jangan terlalu banyak mengkonsumsi makan dengan kadar karbohidrat tinggi, karena bisa bisa tubuh anda tumbuh kesamping. Heheh.
4.Tidur disiang hari.
Tidur memang sangat diperlukan untuk mengembalikan stamina. Namun dikarenakan begadang tentu kadar dan kualitas tidur anda akan berkurang. Maka sebaiknya jika disinag hari mempunyai waktu kosong, sebaiknya gunakan untuk tidur siang sekitar 20-30 menit. Selain akan mengembalikan kesegaran anda, hal ini juga bagus untuk mengembalikan konsentrasi.
5. Jangan terlalu sering begadang.
Pekerjaan memang harus diselesaikan. Namun bukan berarti anda harus begadang setiap harinya. Setidaknya dalam 1 minggu anda hanya begadang 3 atau 4 hari saja. Selain itu jika memang pekerjaannya tidak terlau mendesak maka sebaiknya jangan gunakan malam anda untuk begadang.


EmoticonEmoticon