Tuesday, October 20, 2015

6 Cara Manfaatkan Insomnia


Kalau adapun hal terbesar yang kuingginkan malam ini adalah untuk bisa tidur dengan segara. Namun apa yang mau dikata, meski tubuh ini sudah dibaringkan, mata ini sudah dipejamkna atau bahkan sudah ratusan domba yang dihitung, maka tak kunjung jua aku bisa terlelap.
Inikah insomnia, mereka bilangsih begitu. Aku tak terlalu peduli memang. Toh insomnia atau bukan tetap sajalah aku betemu kekasihku didunia mimpi.
Orang bilang Insomnia banyak menjadi masalah tersendiri bagi kebanyakan orang. Kalau saja aku adalah seorang petugas ronda tetntu ini patut disyukuri. Tapi sayangnya aku hanyalah penyendiri dalam gelapnya malam ini.
Menurut kakekku yang bernama WikiPedia, atau yang biasa kupanggil kakek Wiki insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Berat memang bahasa Kakekku itu, tapi ya sudahlah.
Baiklah kawan, daripada kita hanya duduk disini diruang kecil kita ditemani bantal yang sudah terlelap itu, ada baiknya kita melakukan hal yang bermanfaat. Ini kukatakan padamu beberapa hal bisa kita lakukan bersama.

1. Menulis
Aku tak bisa menulis, siapa bilang? Aku saja bisa menulis kawan. Yang tidak bisa mungkin aku tidak bisa menulis karangan yang baik. Siapa peduli hal itu. Toh tujuan utama kita untuk segera lelah dan tertidur. Selain itu, siapa tau karena sering berlatih secara tidak sengaja, selesai satu novel.
2. Meditasi.
Malam memang sangat menyenangkan untuk meditasi. Suasananya yang damai, tenang, dan mengerikan bisa jadi. Heheh. Meditasi tentunya memerlukan ketenangan, sangat sulit memperoleh yang satu ini disiang hari. Berkebetulan malam ini kita tak bisa tidur ada baiknya kita bermedetasi. Mengosongkan fikiran, menentramkan hati, toh bagus juga untuk kesehatan.
 3. Membaca buku 
Membaca buku bagi sebagian orang menyenangkan, tapi ada yang bilang juga bisa membantumu tertidur. Kita percaya saja pada saran yang kedua ini. Selain bisa menambah wawasan, rasa lelah karenanya juga akan membuatmu tertidur setelahnya. Jika juga tidak berhasil setidaknya kita menghabiskan koleksi buku dilemari yang tak pernah tersentuh disiang hari.
4.  Ngeblog
Kegiatan yang satu ini cukup menyenangkan. Membuat tulisan, membaginya diblog adalah sesuatu yang patut dicoba untuk mengisi kekosongan waktu. Siapa tau bisa terkenal karenanya.
5. IBADAH Malam
Pak ustad mengatakan beribadah ketika orang lain terlelap itu luar biasa. Maka tak perlu dijelaskan lagi kenapa, ayo sama-sama kita ibadah saat insomnia menyerang.


 



EmoticonEmoticon