Wednesday, October 28, 2015

5 Cara Bebas Insomnia


Bebera hari yang lalu saya pernah memposting beberapa hal yang bisa dilakukan saat insomnia. Namun insomnia secara terus-terusan juga pasti sangat menjengkelkan. Pada saat-saat tertentu kita pasti ingin agar segera tertidur lelap. Misalkan saja saat tubuh sudah sangat lelah karena aktifitas disiang harinya. Akan tetapi dikarenakan insomnia, maka dengan berbagai hal yang kita lakukan tidak segera membuat kita tertidur.
Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan beberapa tips yang bisa dicoba saat insomnia agar bisa segera tertidur:
1. Tidurlah di tempat Gelap.
Menurut penelitian cahaya akan mepengaruhi proses produksi hormon melatonin, yaitu hormone yang berfungsi untuk mengontrol tidur. Dengan tidur dalam keadaan gelap maka akan mempercepat produksi hormone tersebut sehingga akan memaksa anda segera tertidur.
2. Atur Waktu Tidur.
Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia adalah dengan menmbuat kebiasaan tidur pada waktu yang sama setiap malamnya. Dengan membuat jam biologis pada tubuh maka akan membantu untuk membuat kebiasaan pada tubuh untuk mengantuk pada jam yang sama.
3. Hindari Minum Kopi Dimalam Hari.
Bagi anda yang menderita insomnia sebaiknya jangan meminum kopi dimalam hari. Kerana kandungan kafein pada kopi akan semakin membuat anda susah untuk tertidur. Namun bukan hanya kopi sebaiknya nada juga menghindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein lainnya seperti the dan coklat.
4. Berolah Raga Sebelum Tidur.
Dengan berolah raga sebelum tidur dapat membuat tubuh lebih rilex dan nyaman. Sehingga akan merangsang tubuh untuk segera tertidur.
5. Jangan Lakukan Aktivitas Sambilan Diatas Tempat Tidur
Banyak yang mengira dengan melakukan aktivitas sambilan diatas tempat tidur seperti membaca atau menonton TV akan membuat anda cepat terlelap. Hal ini dikarenaka ketika anda membaca atau menonton TV maka otak anda akan terus bekerja dan sulit untuk mencapai titik nyamannya.
Demikian beberapa tips yang dapat anda coba untuk mengatasi insomnia. Jika Insomnia anda masih berlanjut maka anda dapat berkonsultasi kedokter. Dan yang paling penting baca doa sebelum tidur.


EmoticonEmoticon